Jumat, Mei 15, 2009

Cerpen


CINTA

Di kisahkan ada seorang gadis bernama cinta. Dia baik, mudah bergaul dengan siapa saja, percaya diri dan mandiri tapi dia terlalu mudah percaya dengan orang lain bahkan orang yang baru dia kenal sehingga cinta mudah di manfaatkan. Yach itulah cinta meskipun disakiti dia tetap saja bisa memaafkan……


Suatu hari banjir melanda kota dimana cinta tinggal, cinta pun sibuk mencari apa saja yang bisa membuat dia aman dan tidak tenggelam tapi cinta tidak punya apa-apa apalagi perahu. Sedikit demi sedikit air mulai naik dan tidak terasa sudah sampai lutut, cinta pun panik mencari tumpangan agar dia tidak tenggelam. Cinta pun mulai berjalan mencari tumpangan tapi tak ada satupun perahu lewat menghampiri cinta sementara air terus naik, di saat itu lewatlah kebahagiaan cinta pun berteriak memanggil kebahagiaan sampai suara cinta serak memanggil kebahagiaan tapi ternyata kebahagiaan tidak mendengar teriakan cinta karena kebahagiaan terlalu bahagia dengan semua yang dia punya dan perahunya…


Cinta menangis sejadi-jadinya dan berharap ada seseorang yang akan menolongnya. Beberapa saat kemudian datanglah kekayaan, cinta pun memanggil kekayaan.

“ kekayaan! Kekayaan! ” teriak cinta

“ ada apa cinta? ” Tanya kekayaan

“ tolong aku kekayaan, jika engkau tidak menolongku maka aku akan tenggelam ” iba cinta

“ maaf cinta aku tidak bisa menolongmu. Tidakkah kau lihat perahuku sudah penuh dengan hartaku? Jadi tidak

ada tempat bagimu cinta. Selamat tinggal cinta ” kekayaan pun pergi meninggalkan cinta yang hampir tenggelam.


Tangisan cintapun semakin keras tapi tidak ada yang bisa menolong cinta, hanya berharap dan berdo’a itu saja yang bisa dilakukan oleh cinta. Lalu lewatlah kesedihan, cinta pun mulai semangat lagi dan memanggil kesedihan.

Ada apa cinta? ” Tanya kesedihan

“ Kesedihan tolong bawalah aku pergi dengan perahumu ” cinta memohon

“ Maaf cinta, aku tidak bisa membawamu. Aku terlalu sedih makanya perahuku penuh dengan air mataku. Jika

engkau ikut maka perahuku akan tenggelam ” Kesedihanpun pergi berlalu meninggalkan cinta dan tidak peduli

cinta mati tenggelam sekalipun karena perahunya penuh oleh air matanya dan dia tidak mau tenggelam karena menolong cinta.


Cinta pun mulai putus harapan seolah-olah hari itu dia akan mati tenggelam. Percuma saja cinta teriak minta tolong dan menangis, semua orang yang cinta kenal tidak mau menolongnya padahal selama ini cinta baik kepada mereka tapi ternyata mereka hanya mau berteman saat cinta senang dan pergi meninggalkan saat cinta susah. Tapi cinta tidak pernah menyesal telah berbuat baik kepada mereka karena cinta melakukannya dengan tulus tanpa pamrih.


Di saat cinta sudah lelah dan menyerah tiba-tiba datanglah seseorang bernama waktu.

“ Cinta…. Bertahanlah aku akan datang untuk menolongmu!” teriak waktu dari kejauhan

“ Waktu?! Tolong aku waktu tolong….!”

“ Cinta, mari ulurkan tanganmu dan naiklah ke perahuku” pinta waktu tulus ingin menolong cinta

“ Terima kasih waktu tapi kenapa kau mau menolongku? Padahal aku sering melupakanmu. Aku sering

meninggalkanmu dan tidak peduli denganmu…. Kenapa waktu? " Tanya cinta terharu

“ Karena buatku kau terlalu baik cinta, kau selalu membuat orang lain tersenyum dan bahagia. saat mereka

senang kau beri mereka kebahagiaan pun saat mereka menangis kau hapus air matanya dengan ketulusan

cintamu. Bukan kau yang melupakanku tapi dunia dan isinya yang berusaha merubah kau untuk melupakanku

tapi aku tahu jauh dihatimu itu bukan kau cinta ” Tegas waktu


Cinta pun menangis mendengar penjelasan waktu karena terharu. Ternyata teman-temannya seperti kekayaan hanya peduli pada harta yang dimiliki di dunia padahal harta tidak akan bisa di bawa sampai mati, kesenangan dan kesedihan pun hanya peduli dengan perasaannya saja tanpa mau tahu perasaan dan keadaan orang lain seperti apa tapi waktu yang sering dia lupakan justru menolongnya…. Cinta pun sadar ternyata hanya waktu teman sejatinya, hanya waktu yang bisa menghargai cinta, hanya waktu yang bisa membuat cinta sembuh dari luka dan hanya waktu yang bisa membuat cinta lebih baik...


…”Semoga kita bisa menghargai waktu yang kita punya dan menggunakan waktu sebaik-baiknya agar tidak ada lagi penyesalan. Lupakan masa lalu jalani hidup kita sekarang. Fokuslah ke masa depan untuk keluarga dan orang - orang yang kita sayang dan Jangan sia-siakan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna karena waktu tidak akan mungkin menunggu…”

1 komentar: